Header Ads

Header ADS

Leptosperin Sebagai Parameter Keaslian Madu Manuka UMF






Madu Manuka UMF®  memiliki 4 paramater penentu mutu sehingga berhak mencantumkan logo UMF®  pada label utamanya. Keempat parameter tersebut adalah metilglioksal (MG) sebagai antibakteri utama, dehidroksiaseton (DHA) sebagai cikal bakal (precursor) metilglioksal, hidroksimetilfurfural (HMF) sebagai parameter kerusakan madu, dan  leptoseperin, sebagai parameter keaslian madu bunga manuka. Secara khusus, latar belakang leptosperin sebagai salah satu parameter keaslian dan mutu madu manuka akan dijelaskan melalui hasil penelitian  dibawah ini :
 
(Journal of Agricultural and Food Chemistry, March 18, 2012)
Penelitian dilakukan oleh tim ilmuwan sebagai berikut :
Yoji Kato, Natsuki Umeda, Asuna Maeda, Daiki Matsumoto, dan Noritoshi Kitamoto dari School of Human Science and Environment, University of Hyogo, Himeji, Hyogo, Japan, serta
Hiroe Kikuzaki, dari Faculty of Human Life and Environment, Nara Woman’s University, Nara, Japan.

Madu telah lama digunakan sebagai obat selama ribuan tahun. Diantara berbagai jenis madu, madu dari bunga manuka (Leptospermum scoparium atau Leptospermum polygalifolium) menunjukkan aktivitas antibakteri yang kuat. Aktivitas antibakteri madu manuka distandarkan sebagai ekuivalen dari konsentrasi fenol, yang diekspresikan sebagai nilai Unique Manuka Factor (UMF®). Telah ada banyak penelitian tentang senyawa antibakteri dalam madu manuka, dan metilglioksal (MG) telah diidentifikasi sebagai salah satu kontributor utama terhadap aktivitasnya tersebut. Hasil penelitin akhir-akhir ini juga menunjukkan bahwa metilglioksal secara parsial bertanggungjawab  terhadap aktivitas antibiofilm madu manuka. Metilglioksal secara luas dapat ditemukan dalam makanan, dan merupakan salah satu metabolit dari jalur glikolisis. Reaksi glikasi non enzimatik juga menghasilkan metilglioksal yang kemudian bereaksi dengan molekul-molekul biologis lain  untuk membentuk advanced glycation end products (AGE). 

 
Madu memiliki berbagai sifat bioaktif dan sifat medis. Madu telah digunakan untuk merawat penyakit perncernaan (dyspepsia gastrointestinal) atas, untuk penyembuhan luka luar, dan seterusnya. Konsumsi daun manuka oleh burung parkit  mengubah sifat tingkah laku berkembang biak, menandakan bahwa beberapa senyawa dalam daun manuka dapat bertindak sebagai insektisida. Penelitian terbaru menyatakan madu manuka dapat mengurangi pembentukan plak gigi, sebuah  lapisan biofilm yang berkembang di permukaan gigi, secara signifikan lebih baik dari permen karet xylitol. Namun, mekanisme yang mendasari tindakan-tindakan biologis dari manuka dan madunya masih belum jelas.  Dikarenakan madu manuka adalah madu mahal dan banyak digunakan untuk tujuan  medis, sebuah penanda kimia spesifik akan sangat berguna untuk identifikasi dan penetapan mutu. 

Madu telah lama digunakan untuk berbagai tujuan pengobatan, termasuk pengobatan luka luar, pengurangan peradangan dan gastroenteritis, untuk aktivitas antioksidan, dan sebagai obat mujarab untuk penyakit mata. Meskipun demikian, mekanisme dibalik aktivitas-aktivitas biologisnya belum jelas. Madu manuka memiliki aktivitas antibakteri, yang sering diekspresikan sebagai unique manuka factor (UMF®). Dalam laporan ini, kami mendeskripsikan  isolasi dan identifikasi glikosida unik  metyl syringat dalam madu manuka. Gikosida unik ini ditemukan hampir secara eksklusif  dalam madu manuka, oleh karena itu ia dapat menjadi penanda kimia yang baik. Lebih lagi, glikosida bertanggungjawab terhadap aktivitas pengobatan madu manuka. Disini, kami mengidentifikasi glikosida unik dari metil syringat, yaitu methyl syringe 4-O-ß-D-gentibiose tersebut, (dijuluki leptosperin mengacu pada kata Leptospermum) dari madu manuka, sebuah mono-glikosida dari MSYR, methyl syringat 4-O-ß-D-glycopyranoside telah diidentifikasi dalam buah anise (Pimpinella anisum L., Umbelliferae). Kami dapat mendeteksi monoglikosida dari MSYR dalam anise, namun tidak glikosida uiknya, leptosin.
  
Leptosperin terdeteksi dalam madu manuka secara karakteristik. Namun  madu non manuka dari daerah Oceania juga  menunjukkan  kadar leptosperin, namun dalam jumlah yang sangat sedikit. Ada beberapa penjelasan yang bisa ditarik dari  kontaminasi leptosperin yang  terdapat dalam beberapa madu monofloral non manuka dari Ocenia. Pertama, meskipun madu dilabelkan sebagai madu monofloral honey, namun lebah mengumpulkan serbuk sari dan nektar tidak hanya dari spesies tanaman tunggal, namun juga dari pohon bunga di area tersebut.  Yang kedua, pabrik madu mungkin menggunakan lini proses yang sama untuk memproses madu manuka dan madu lainnya.

 
Korelasi  antara leptosperin dan UMF®.  menunjukkan bahwa  leptosperin juga memiliki aktivitas antibakteri, atau meningkatkan efek antibakteri dari bakterisida dalam madu manuka. Kami juga menganalisa aktivitas antibakteri menggunakan S. aureus, yaitu bakteri pathogen  yang dikenal luas digunakan  dalam uji bakterisidal madu. Hanya konsentrasi yang tinggi akan glikosdida  MSYR yang sanggup menghambat bakteri. Telah dilaporkan juga bahwa senyawa-senyawa fenolik dalam madu bukan senyawa aktif utama  untuk aktivitas antibakteri.  Malahan, ternyata  metilglioksal  yang tampaknya menjadi konstituen antibakteri dominan pada madu manuka. Selain metilglioksal, senyawa aktif type non aldehid juga berkontribusi untuk aktivitas antibakteri madu, dimana aktivitas antibakteri juga telah lama diasosiasikan dengan fraksi karbohidrat  dari madu. Studi lanjut diperlukan untuk mengkarifikasi hubungan antara aktivitas antibakteri dan kandungan leptosperin.
 











Kesimpulannya, kami telah mengidentifikasi glikosida unik leptosperin sebagai senyawa karakterisitik  unik dari madu manuka. Ada hubungan yang positif  antara kandungan lepstosperin dan nilai UMF®.  Uji lebih lanjut atas jalur biosintesis glikosida akan lebih berguna untuk mengklarifikasi  proses pematangan madu, dan mungkin membantu menjelaskan beberapa efek pengobatannya.
 










SARAN UNTUK KONSUMEN
Pastikan anda hanya membeli madu manuka asli UMF yang memiliki nomor lisensi UMFHA, dikarenakan setiap madu manuka yang tergabung dalam UMFHA dan  telah memiliki lisensi UMF telah diaudit mutu, keaslian dan kebenaran klaim labelnya oleh laboratorium independent pada saat produksi dan post market. UMFHA menghabiskan banyak dana riset untuk rating system yang bertujuan memastikan bahwa madu manuka yang dihasilkan oleh setiap anggota asosiasi UMFHA adalah sesuai standar yang diterapkan pada saat produksi dan juga setelah produk tersebut sudah dijual di toko.  Keaslian, kemurnian, dan penanganan yang alami namun modern terhadap madu manuka dengan lisensi UMF menjadikan madu manuka UMF berlisensi dapat menjadi pilihan yang tepat untuk  membantu anda dalam program mendapatkan keturunan.
Pastikan anda  mendapatkan madu manuka yang berlisensi UMF untuk program kesuburan anda untuk hasil lebih optimal. Mengapa?  Karena setiap madu manuka UMF yang dihasilkan memiliki jaminan mutu tertinggi dimana produk yang dihasilkan harus melalui beberapa tes ulang mutu diantaranya adalah :
  1. Metilglioksal sebagai antibakteri utama pada madu manuka, untuk mengetehui asal senyawa dan
      total jumlahnya
  2. Dehidroxyacetone (DHA) sebagai prekursor metilglioksal alami pada madu manuka
  3.  Hidroxymetilfurfural (HMF) sebagai parameter kerusakan atau pemanasan pada madu
  4.  Leposperin sebagai parameter keaslian madu manuka
Madu Manuka Streamland merupakan salah satu  madu manuka yang merupakan anggota UMFHA dengan nomor lisensi 2010, dan juga telah melalui program pengawasan mutu yang ketat pada saat produksi dengan nomor RMP (Risk Management Program) nomor SLP8. Produk Madu Manuka Streamland juga telah terdaftar di BPOM RI untuk memenuhi regulasi madu asli Indonesia sesuai SNI 01-3545-2004.
Produk-produk kami telah tersedia di supermarket-supermarket premium, klinik kesehatan, klinik herbal, dan beberapa  apotik terkemuka di Jabotabek, Surabaya, Medan, Bandung, Bali, Balikpapan, dan Palembang.


Peringatan !
Pastikan Anda  Hanya membeli Madu Manuka UMF Streamland Dengan Label Resmi Indonesia Untuk Jaminan Keaslian, Keamanan, Mutu Optimal, dan Legalitas Produk!

Mengapa Madu Manuka UMF Streamland Pilihan Terbaik?

  • Bersertifikat UMF, mutu dan kandungan 3 senyawa bioaktifnya (metilglioksal, leptosperin, DHA)  diaudit Lab Independent  dibawah asosiasi UMFHA 👉Standar Jaminan Mutu dan Keaslian Madu Manuka Paling Tinggi  Untuk Khasiat Optimal Produk
  • Bersertifikat Halal FIANZ
  • Sertifikat BPOM RI👉Keamanan Produk Pangan Jadi
  • Dilengkapi Sertifikat NKV Kementrian  Pertanian RI 👉Jaminan Legalitas Produk, Bebas Kontaminasi, dan Menunjukkan Best Practice Penanganan dan Penyimpanan Produk
  • GE Free Yang Berarti Rekayasa Genetika
  • Menjadi Pilihan Utama Konsumen Untuk Madu Manuka Berkat Manfaat Nyata Produk Bagi Konsumen   
 

Untuk Informasi Dan Inquiry Produk, Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami Setiap Saat.

 










Keyword : madu manuka jakarta, madu manuka hipoglikemia, madu manuka untuk kesuburan, manfaat madu manuka untuk kesuburan, khasiat madu manuka untuk kesuburan, madu manuka kesuburan, madu manuka indonesia, madu manuka jabotabek, madu untuk kesuburan, madu kesuburan, jual madu manuka, beli madu manuka,  madu new zealand, madu selandia baru, madumanuka, madumanukakesuburan, madumanukaindonesia, madumanukajabotabek, maduuntuk kesuburan, madukesuburan, jualmadumanuka, belimadu manuka, madunewzealand, maduselandiabaru, madu terbaik, madu berkualitas,
Madumanuka, madu manuka, madu manuka Indonesia, madumanuka Indonesia, madumanukaindonesia,madu manuka di Indonesia, madu manuka Jakarta, madu manuka kesuburan, madumanukakesuburan, madu kesuburan, madu kesehatan, madu new Zealand, madu selandia baru, madu untuk kesuburan, madu untuk hamil, madu hamil, madu terbaik, madu radang tenggorokan, madu helicobacter pylori, madu manuka jabodetabek, manuka honey Indonesia, distributor madu manuka, distributor manuka honey Indonesia, distributor manuka honey Jakarta, madu infeksi, madu alami, madu organik, madu manuka  beli dimana, madu manuka jual, jual madu manuka, madu manuka jual dimana, harga madu manuka, harga manuka honey, jual madu manuka asli, jual madu manuka murah, jual madu manuka dimana, jual madu manuka jabotabek, jual madu manuka murni, madu murni, madu manuka murni,madu untuk infeksi

No comments

Theme images by konradlew. Powered by Blogger.