Header Ads

Header ADS

Beberapa Khasiat Madu Manuka Yang Telah Terbukti Secara Ilmiah Yang Perlu Anda Ketahui


Madu Manuka adalah madu asli  Selandia Baru. Madu ini diproduksi oleh lebah yang melakukan penyerbukan terhadap bunga Leptospermum scoparium, yang umumnya dikenal sebagai bunga manuka. Sifat antibakteri madu Manuka membedakan madu ini dari madu tradisional. Penelitian menunjukkan bahwa methylglyoxal adalah bahan aktifnya dan kemungkinan bertanggung jawab atas efek antibakteri ini. Selain antibakteri, madu manuka juga memiliki manfaat sebagai antivirus, antiinflamasi, dan antioksidan. Secara tradisional, madu manuka telah digunakan untuk penyembuhan luka, menenangkan sakit tenggorokan, mencegah kerusakan gigi dan meningkatkan masalah pencernaan.
Secara ilmiah (berdasarkan jurnal penelitian), berikut adalah khasiat madu manuka yang menonjol :

1. Penyembuhan Luka Luar
Sejak zaman kuno, madu telah digunakan untuk mengobati luka, luka
luar, dan bisul. Pada tahun 2007, madu manuka disetujui oleh FDA Amerika sebagai opsi untuk perawatan luka. Madu manuka memiliki sifat-sifat antibakteri dan antioksidan, sambil mempertahankan lingkungan luka yang lembab dan memiliki sifat sebagai pelindung, yang mencegah infeksi mikroba pada luka.
Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa madu manuka dapat meningkatkan penyembuhan luka, memperkuat regenerasi jaringan dan bahkan mengurangi rasa sakit pada pasien yang menderita luka bakar. Sebagai contoh, satu studi
selama dua minggu menyelidiki efek dari penerapan pembalut (wound dressing) yang berisikan madu manuka pada 40 orang dengan luka yang tidak dapat disembuhkan. Hasilnya menunjukkan bahwa 88% ukuran luka berkurang. Selain itu, madu manuka membantu menciptakan lingkungan luka asam, yang mendukung penyembuhan luka. Terlebih lagi, madu manuka dapat membantu menyembuhkan tukak diabetes. Sebuah studi Arab Saudi menemukan bahwa pembalut luka madu manuka (wound dressing), ketika digunakan dalam kombinasi dengan perawatan luka konvensional, dapat menyembuhkan luka diabetes lebih efektif daripada perawatan konvensional saja. Selain itu, sebuah studi di Yunani menunjukkan bahwa wound dressing  madu manuka mengurangi waktu penyembuhan dan luka yang didesinfeksi pada pasien dengan ulkus kaki diabetik.
Studi lain mengamati efektivitas madu manuka dalam menyembuhkan luka kelopak mata setelah operasi. Mereka menemukan semua luka kelopak mata sembuh dengan baik, terlepas dari apakah sayatan diobati dengan madu manuka atau vaseline.
Namun, pasien melaporkan bahwa jaringan parut yang diobati dengan madu manuka kurang kaku dan secara signifikan lebih tidak menyakitkan, dibandingkan dengan jaringan parut yang diobati dengan Vaseline. Terakhir, madu manuka efektif untuk mengobati infeksi luka yang disebabkan oleh strain yang kebal antibiotik, seperti Staphylococcus aureus (MRSA). Oleh karena itu, aplikasi madu manuka topikal secara teratur pada luka dan infeksi dapat membantu mencegah MRSA.
2. Mendukung Kesehatan Mulut
Menurut
lembaga pencegahan dan pengendalian penyakit di Amerika (CDC), hampir 50% orang Amerika memiliki beberapa bentuk penyakit periodontal. Untuk menghindari kerusakan gigi dan menjaga gusi tetap sehat, penting untuk meminimalkan bakteri mulut yang buruk yang dapat menyebabkan pembentukan plak. Penting juga untuk tidak sepenuhnya menghilangkan bakteri mulut yang baik yang bertanggung jawab menjaga kesehatan mulut anda. Penelitian menunjukkan bahwa  madu manuka efektif menyerang bakteri mulut berbahaya yang terkait dengan pembentukan plak, peradangan gusi, dan kerusakan gigi. Secara khusus, penelitian telah menunjukkan bahwa madu manuka dengan aktivitas antibakteri yang tinggi efektif menghambat pertumbuhan bakteri mulut berbahaya seperti P. gingivalis dan A. actinomycetemcomitans. Satu studi meneliti efek mengunyah atau mengisap madu pada pengurangan plak dan radang gusi. Setelah tiga kali makan sehari-hari, para responden penelitian diisntruksikan  untuk mengunyah atau mengisap madu selama 10 menit atau mengunyah permen karet bebas gula.
Kelompok
yang mengunyah madu menunjukkan pengurangan yang signifikan dalam plak dan perdarahan gingiva, dibandingkan dengan mereka yang mengunyah permen karet bebas gula. Gagasan untuk mengkonsumsi madu untuk kesehatan mulut yang baik mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, karena anda mungkin telah banyak diajarkan  bahwa terlalu banyak mengkonsumsi permen dapat menyebabkan gigi berlubang. Namun, tidak seperti permen dan gula rafinasi, efek antibakteri madu manuka yang kuat membuatnya tidak mungkin berkontribusi terhadap gigi berlubang atau kerusakan gigi.
3. Mengatasi Sakit Tenggorokan
Jika
anda menderita sakit tenggorokan, madu manuka dapat membantu meredakannya. Sifat antivirus dan antibakterinya dapat mengurangi peradangan dan menyerang bakteri yang menyebabkan rasa sakit.
Madu manuka tidak hanya menyerang bakteri berbahaya, tetapi juga melapisi bagian dalam tenggorokan untuk
memberikan efek yang menenangkan. Sebuah studi baru-baru ini pada pasien yang menjalani perawatan kemoterapi untuk kanker kepala dan leher mengamati efek dari mengkonsumsi madu manuka pada Streptococcus mutans, sejenis bakteri yang bertanggung jawab untuk sakit tenggorokan. Menariknya, para peneliti menemukan penurunan yang signifikan pada jumlah Streptococcus mutans setelah mereka mengonsumsi madu manuka. Selain itu, madu manuka dapat mengurangi bakteri mulut berbahaya yang menyebabkan mucositis, yang merupakan efek samping umum dari radiasi dan kemoterapi. Mucositis menghasilkan peradangan dan ulserasi menyakitkan pada selaput lendir yang melapisi kerongkongan dan saluran pencernaan. Selama ini, berbagai jenis madu telah disebut-sebut sebagai penekan batuk alami. Namun faktanya, satu penelitian menemukan madu manuka memiliki efek yang  sama  dengan obat penekan batuk biasa.

4.
Membantu Mengatasi Tukak Lambung
Tukak lambung adalah salah satu penyakit paling umum yang menyerang manusia.
Luka ini  terbentuk di lapisan perut, menyebabkan sakit perut, mual dan kembung. Perlu diwaspadai bahwa H. pylori adalah jenis bakteri umum yang bertanggung jawab atas sebagian besar tukak lambung. Penelitian menunjukkan bahwa madu manuka dapat membantu mengobati radang lambung yang disebabkan oleh H. pylori. Sebagai contoh, sebuah studi in vitro menguji efeknya pada biopsi ulkus lambung yang disebabkan oleh H. pylori. Hasilnya positif dan tersirat bahwa madu manuka adalah agen antibakteri yang berguna terhadap H. pylori.Radang lambung juga bisa disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan. Namun, sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa madu manuka membantu mencegah tukak lambung yang diinduksi alkohol.
5. Memperbaiki Gejala Masalah Pencernaan
Irritable bowel syndrome (IBS) adalah gangguan pencernaan yang umum
terjadiGejala yang terkait termasuk sembelit, diare, sakit perut dan buang air besar yang tidak teratur. Menariknya, para peneliti telah menemukan bahwa mengkonsumsi madu manuka secara teratur dapat membantu mengurangi gejala-gejala ini. Madu Manuka telah terbukti meningkatkan status antioksidan dan mengurangi peradangan pada tikus yang memiliki IBS dan ulcerative colitis, sejenis penyakit usus yang sangat sensitif. Madu manuka juga telah terbukti ampuh mwlawan strain Clostridium difficileBakteri Clostridium difficile, sering disebut C. diff, adalah jenis infeksi bakteri yang menyebabkan diare parah dan radang usus. Bakteri jenis C. diff umumnya diobati dengan antibiotik. Namun, sebuah penelitian baru-baru ini mengamati efektivitas madu manuka pada strain C. diff. Madu Manuka membunuh sel C. diff, membuatnya menjadi pengobatan yang mungkin efektif.

6. Dapat Mengobati Gejala Cystic Fibrosis
Seperti yang telah lama diketahui, cystic fibrosis adalah kelainan bawaan yang merusak paru-paru dan juga dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan organ lainnya. Hal ini dapat mempengaruhi sel-sel yang menghasilkan lendir, menyebabkan lendir menjadi tebal dan lengket secara tidak normal. Lendir yang tebal ini menyumbat saluran udara dan saluran, sehingga sulit bernafas. Sayangnya, infeksi saluran pernapasan atas cukup diderita secara umum pada orang dengan fibrosis kistik. Madu Manuka telah terbukti melawan bakteri yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas. Pseudomonas aeruginosa dan Burkholderia spp. adalah dua bakteri umum yang dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas yang serius, terutama pada populasi yang rentan.
Satu studi mengamati efektivitas madu manuka terhadap bakteri ini pada orang dengan fibrosis kistik.
Hasil menunjukkan bahwa itu menghambat pertumbuhan mereka dan bekerja bersama dengan pengobatan antibiotik.
Oleh karena itu, para peneliti menyimpulkan bahwa madu manuka dapat memainkan peran penting dalam mengobati infeksi saluran pernapasan atas, terutama pada mereka yang menderita fibrosis kistik.

7. Mengobati  Jerawat
Jerawat biasanya disebabkan oleh perubahan hormon, tetapi juga bisa menjadi reaksi terhadap pola makan yang buruk, stres atau pertumbuhan bakteri di pori-pori yang tersumbat. Aktivitas antimikroba dari madu manuka, ketika digunakan dalam kombinasi dengan produk pH rendah, sering dipasarkan untuk melawan jerawat.
Madu Manuka memang dapat membantu menjaga kulit anda bebas dari bakteri, yang dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat. Juga, mengingat sifat anti inflamasinya, madu manuka dikatakan mengurangi peradangan yang terkait dengan jerawat.

Jika memiliki berbagai manfaat seperti obat, apakah madu manuka aman dikonsumsi?
Bagi kebanyakan orang, madu manuka aman dikonsumsi.
Namun, beberapa orang harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya, termasuk:
• Penderita diabetes. Semua jenis madu tinggi gula alami. Karena itu, mengkonsumsi madu manuka dapat memengaruhi kadar gula darah.
• Mereka yang alergi terhadap madu atau lebah. Mereka yang alergi terhadap madu atau lebah jenis lain mungkin memiliki reaksi alergi setelah menelan atau mengoleskan madu manuka.
• Bayi. American Academy of Pediatrics tidak merekomendasikan pemberian madu kepada bayi di bawah satu tahun karena risiko botulisme pada bayi, sejenis penyakit bawaan makanan.





SARAN UNTUK KONSUMEN
Pastikan anda hanya membeli madu manuka UMF®   berlisensi  dikarenakan setiap madu manuka yang tergabung dalam UMFHA dan telah memiliki lisensi UMF® telah diaudit mutu, keaslian dan kebenaran klaim labelnya oleh laboratorium independent pada saat produksi dan post market.
Setiap madu manuka 
UMF® yang dihasilkan harus melalului beberapa tes ulang mutu diantaranya adalah :
1. Metilglioksal sebagai antibakteri utama pada madu manuka, untuk mengetehui asal senyawa dan total jumlahnya
2. Dehidroxyacetone (DHA) sebagai prekursor metilglioksal alami pada madu manuka
3. Hidroxymetilfurfural (HMF) sebagai parameter kerusakan atau pemansan pada madu
4. Leptosperin Sebagai parameter Keaslian Madu Manuka
Madu Manuka Streamland merupakan salah satu  madu manuka UMF® berlisensi yang merupakan anggota UMFHA dengan nomor lisensi 2010. Madu Manuka Streamland  telah melalui program pengawasan mutu yang ketat pada saat produksi dengan nomor RMP (Risk Management Program)  SLP8. Produk Madu Manuka Streamland juga telah terdaftar di BPOM RI untuk memenuhi regulasi madu asli Indonesia sesuai SNI.
Konsumsi Hanya Madu Manuka UMF Streamland Dengan Label Resmi Indonesia Untuk Jaminan Keaslian, Keamanan, Mutu Optimal, dan Legalitas Produk!

Mengapa Madu Manuka UMF Streamland Pilihan Terbaik?

  • Bersertifikat UMF, mutu dan kandungan 3 senyawa bioaktifnya (metilglioksal, leptosperin, DHA)  diaudit Lab Independent  dibawah asosiasi UMFHA 👉Standar Jaminan Mutu dan Keaslian Madu Manuka Paling Tinggi  Untuk Khasiat Optimal Produk
  • Bersertifikat Halal FIANZ
  • Sertifikat BPOM RI👉Keamanan Produk Pangan Jadi
  • Dilengkapi Sertifikat NKV Kementrian  Pertanian RI 👉Jaminan Legalitas Produk, Bebas Kontaminasi, dan Menunjukkan Best Practice Penanganan dan Penyimpanan Produk
  • GE Free Yang Berarti Rekayasa Genetika
  • Menjadi Pilihan Utama Konsumen Untuk Madu Manuka Berkat Manfaat Nyata Produk Bagi Konsumen   
 

Untuk Informasi Dan Inquiry Produk, Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami Setiap Saat.

 






Keyword : madu manuka jakarta, madu manuka hipoglikemia, madu manuka untuk kesuburan, manfaat madu manuka untuk kesuburan, khasiat madu manuka untuk kesuburan, madu manuka kesuburan, madu manuka indonesia, madu manuka jabotabek, madu untuk kesuburan, madu kesuburan, jual madu manuka, beli madu manuka,  madu new zealand, madu selandia baru, madumanuka, madumanukakesuburan, madumanukaindonesia, madumanukajabotabek, maduuntuk kesuburan, madukesuburan, jualmadumanuka, belimadu manuka, madunewzealand, maduselandiabaru, madu terbaik, madu berkualitas,
Madumanuka, madu manuka, madu manuka Indonesia, madumanuka Indonesia, madumanukaindonesia,madu manuka di Indonesia, madu manuka Jakarta, madu manuka kesuburan, madumanukakesuburan, madu kesuburan, madu kesehatan, madu new Zealand, madu selandia baru, madu untuk kesuburan, madu untuk hamil, madu hamil, madu terbaik, madu radang tenggorokan, madu helicobacter pylori, madu manuka jabodetabek, manuka honey Indonesia, distributor madu manuka, distributor manuka honey Indonesia, distributor manuka honey Jakarta, madu infeksi, madu alami, madu organik, madu manuka  beli dimana, madu manuka jual, jual madu manuka, madu manuka jual dimana, harga madu manuka, harga manuka honey, jual madu manuka asli, jual madu manuka murah, jual madu manuka dimana, jual madu manuka jabotabek, jual madu manuka murni, madu murni, madu manuka murni,madu untuk infeksi, madu manuka untuk paru-paru cystic fibrosis

No comments

Theme images by konradlew. Powered by Blogger.