Header Ads

Header ADS

Efektivitas Madu Manuka dalam Pengobatan Infeksi Fibrosis Kistik (CF) Paru-Paru yang Telah Resisten Terhadap Antibiotik Konvensional.



Dr Rowena Jenkins dan Dr Aled Roberts dari Swansa University Medical School, melalui penelitian yang dilakukannya  telah menemukan bahwa penggunaan madu manuka dapat menjadi alternatif antibiotik untuk mengobati infeksi saluran pernapasan yang disebabkan bakteri yang telah resisten terhadap antibiotik, terutama bakteri mematikan yang ditemukan dalam infeksi Cystic Fibrosis (CF), yaitu  bakteri Pseudomonas aeruginosa. Bakteri jenis ini memiliki kemampuan membentuk koloni yang selanjutnya bertransformasi menjadi lapisan biofilm yang sulit untuk ditangani oleh penggunaan antibiotik.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan menggunakan jaringan paru-paru dari babi, dan dalam mengobati infeksi bakteri pada pasien CF,  mereka menggunakan  madu manuka UMF 12+ standar medis yang telah diradiasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan madu manuka efektif dalam membunuh bakteri yang telah resisten terhadap antimikroba sebesar 39% dibandingkan dengan 29% untuk antibiotik, sementara meningkatkan aktivitas beberapa antibiotik yang tidak dapat berfungsi secara efektif sendiri. Kombinasi madu manuka dan antibiotik yang diujikan efektif membunuh 90% dari bakteri yang diuji.

Diketahui bahwa Cystic Fibrosis (CF) adalah salah satu penyakit bawaan yang paling mengancam jiwa di Inggris, dengan sekitar 10.400 orang di Inggris menderita penyakit ini. Sebuah tinjauan pemerintah Inggris yang dilakukan  oleh Lord Jim O'Neill juga menyoroti ancaman resistensi antimikroba, dan  memperkirakan bahwa peningkatan resistensi yang berkelanjutan pada tahun 2050 akan menyebabkan 10 juta orang meninggal setiap tahun akibat infeksi antimikroba ini.

Masalah yang diderita pasien CF adalah infeksi saluran pernapasan kronis dan jangka panjang yang sering berakibat fatal karena adanya bakteri tertentu yang kebal terhadap banyak antibiotik yang dimiliki dokter saat ini.
Sebagai upaya terakhir terhadap bakteri yang tidak dapat dikeluarkan dari paru-paru melalui pengobatan, adalah  dengan menyediakan paru-paru yang baru (transplantasi paru-paru). Akan tetapi, prosedur ini ini memiliki beberapa risiko yang berat, karena bakteri yang menyebabkan infeksinya masih dapat ditemukan di saluran napas bagian atas, dan suatu saat dapat bermigrasi ke paru-paru yang baru, sehingga membuat transplantasi tidak efektif.

Beberapa pasien memiliki prognosis yang lebih buruk karena mereka terinfeksi dengan jenis bakteri yang mematikan, seperti Pseudomonas dan kompleks Burkholderia cepacia, yang sulit untuk dibunuh (karena resistensi antibiotik ganda) dan menyebabkan kerusakan luas pada paru-paru. Dalam beberapa kasus, hanya
keberadaan 2 jenis bakteri ini saja dalam tubuh pasien dapat menggagalkan upaya pasien menerima transplantasi paru baru untuk menyelamatkan jiwa.

Efektivitas antibiotik terhadap infeksi mematikan ini adalah masalah besar,
sehingga keharusan  untuk menemukan alternatif antibakteri baru yang cocok,  tidak beracun, dalam efektif dalam membunuh bakteri menjadi prioritas utama.

Madu telah digunakan selama ribuan tahun sebagai produk obat. Baru-baru ini, penelitian telah menunjukkan bahwa madu
manuka mampu membunuh bakteri resisten antibiotik yang ada di luka permukaan. Pendanaan dari The Waterloo Foundation dan The Hodge Foundation telah memungkinkan penelitian untuk melihatnya sebagai alternatif antibiotik pada infeksi CF.

Dr Rowena Jenkins, Dosen Mikrobiologi dan Penyakit Menular di Swansea University, mengatakan:

"Hasil awal sangat menjanjikan dan harus direplikasi dalam pengaturan klinis
sehingga hal ini dapat membuka opsi pengobatan tambahan bagi mereka yang mengalami infeksi fibrosis kistik.

"Sinergi dengan antibiotik dan tidak adanya resistensi
menggunakan madu manuka yang terlihat di laboratorium telah memungkinkan kita untuk pindah ke uji klinis saat ini, dan  menyelidiki potensi madu Manuka sebagai bagian dari pengobatan sinus untuk mengurangi infeksi di saluran napas bagian atas."

Referensi Jurnal :
Aled E. L. Roberts, Lydia C. Powell, Manon F. Pritchard, David W. Thomas, Rowena E. Jenkins. Anti-pseudomonad Activity of Manuka Honey and Antibiotics in a Specialized ex vivo Model Simulating Cystic Fibrosis Lung Infection. Frontiers in Microbiology, 2019; 10 DOI




SARAN UNTUK KONSUMEN
Pastikan anda hanya membeli madu manuka UMF®   berlisensi  dikarenakan setiap madu manuka yang tergabung dalam UMFHA dan telah memiliki lisensi UMF® telah diaudit mutu, keaslian dan kebenaran klaim labelnya oleh laboratorium independent pada saat produksi dan post market.
Setiap madu manuka 
UMF® yang dihasilkan harus melalului beberapa tes ulang mutu diantaranya adalah :
1. Metilglioksal sebagai antibakteri utama pada madu manuka, untuk mengetehui asal senyawa dan total jumlahnya
2. Dehidroxyacetone (DHA) sebagai prekursor metilglioksal alami pada madu manuka
3. Hidroxymetilfurfural (HMF) sebagai parameter kerusakan atau pemansan pada madu
4. Leptosperin Sebagai parameter Keaslian Madu Manuka
Madu Manuka Streamland merupakan salah satu  madu manuka UMF® berlisensi yang merupakan anggota UMFHA dengan nomor lisensi 2010. Madu Manuka Streamland  telah melalui program pengawasan mutu yang ketat pada saat produksi dengan nomor RMP (Risk Management Program)  SLP8. Produk Madu Manuka Streamland juga telah terdaftar di BPOM RI untuk memenuhi regulasi madu asli Indonesia sesuai SNI.
Konsumsi Hanya Madu Manuka UMF Streamland Dengan Label Resmi Indonesia Untuk Jaminan Keaslian, Keamanan, Mutu Optimal, dan Legalitas Produk!


Mengapa Madu Manuka UMF Streamland Pilihan Terbaik?

  • Bersertifikat UMF, mutu dan kandungan 3 senyawa bioaktifnya (metilglioksal, leptosperin, DHA)  diaudit Lab Independent  dibawah asosiasi UMFHA 👉Standar Jaminan Mutu dan Keaslian Madu Manuka Paling Tinggi  Untuk Khasiat Optimal Produk
  • Bersertifikat Halal FIANZ
  • Sertifikat BPOM RI👉Keamanan Produk Pangan Jadi
  • Dilengkapi Sertifikat NKV Kementrian  Pertanian RI 👉Jaminan Legalitas Produk, Bebas Kontaminasi, dan Menunjukkan Best Practice Penanganan dan Penyimpanan Produk
  • GE Free Yang Berarti Rekayasa Genetika
  • Menjadi Pilihan Utama Konsumen Untuk Madu Manuka Berkat Manfaat Nyata Produk Bagi Konsumen   
 

Untuk Informasi Dan Inquiry Produk, Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami Setiap Saat.

 





 Lihat Juga :

Label Resmi Madu Manuka Streamland

Keyword : madu manuka jakarta, madu manuka hipoglikemia, madu manuka untuk kesuburan, manfaat madu manuka untuk kesuburan, khasiat madu manuka untuk kesuburan, madu manuka kesuburan, madu manuka indonesia, madu manuka jabotabek, madu untuk kesuburan, madu kesuburan, jual madu manuka, beli madu manuka,  madu new zealand, madu selandia baru, madumanuka, madumanukakesuburan, madumanukaindonesia, madumanukajabotabek, maduuntuk kesuburan, madukesuburan, jualmadumanuka, belimadu manuka, madunewzealand, maduselandiabaru, madu terbaik, madu berkualitas,
Madumanuka, madu manuka, madu manuka Indonesia, madumanuka Indonesia, madumanukaindonesia,madu manuka di Indonesia, madu manuka Jakarta, madu manuka kesuburan, madumanukakesuburan, madu kesuburan, madu kesehatan, madu new Zealand, madu selandia baru, madu untuk kesuburan, madu untuk hamil, madu hamil, madu terbaik, madu radang tenggorokan, madu helicobacter pylori, madu manuka jabodetabek, manuka honey Indonesia, distributor madu manuka, distributor manuka honey Indonesia, distributor manuka honey Jakarta, madu infeksi, madu alami, madu organik, madu manuka  beli dimana, madu manuka jual, jual madu manuka, madu manuka jual dimana, harga madu manuka, harga manuka honey, jual madu manuka asli, jual madu manuka murah, jual madu manuka dimana, jual madu manuka jabotabek, jual madu manuka murni, madu murni, madu manuka murni,madu untuk infeksi, madu manuka untuk paru-paru cystic fibrosis




No comments

Theme images by konradlew. Powered by Blogger.