Header Ads

Header ADS

Manfaat Madu Manuka Pada Kasus Radang Usus IBD (Inflammatory Bowel Disease)




Inflammatory bowel disease (IBD) merupakan  sekelompok gangguan usus yang menyebabkan peradangan saluran pencernaan yang berkepanjangan. Saluran pencernaan terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil, dan usus besar. Saluran pencernaan bertanggung jawab untuk memecah makanan, menyerap nutrisi, dan menghilangkan bahan dan produk samping yang tidak dapat digunakan. Peradangan yang terjadi di mana saja di sepanjang saluran pencernaan dapat mengganggu proses normal ini. IBD bisa sangat menyakitkan dan mengganggu, dan dalam beberapa kasus, bahkan dapat mengancam jiwa.

Apa Jenis Utama Penyakit Radang Usus?
Banyak penyakit termasuk dalam istilah IBD ini. Akan tetapi, ada dua penyakit yang paling umum yaitu kolitis ulserativa dan penyakit Crohn. Penyakit Crohn dapat menyebabkan peradangan di bagian mana pun dari saluran pencernaan. Namun, sebagian besar mempengaruhi ujung ekor usus kecil. Sedangkan lolitis ulseratif melibatkan peradangan pada usus besar.

Apa
Yang Menyebabkan Penyakit Radang Usus?
Penyebab pasti IBD tidak diketahui. Namun,
para ahli berpendapat bahwa dua faktor yang berperan besar adalah genetika dan masalah dengan sistem kekebalan.

Genetika
Anda mungkin lebih mungkin
terkena  IBD jika anda memiliki saudara kandung atau orang tua dengan penyakit ini. Oleh Karen itu mengapa para ilmuwan percaya bahwa IBD mungkin memiliki komponen genetik.

Sistem
Kekebalan Tubuh
Sistem kekebalan juga dapat berperan dalam IBD.
Biasanya, sistem kekebalan melindungi tubuh dari patogen (organisme yang menyebabkan penyakit dan infeksi). Infeksi bakteri atau virus pada saluran pencernaan dapat memicu respons imun. Ketika tubuh mencoba melawan kuman penyakit, saluran pencernaan menjadi meradang. Ketika infeksi hilang, peradangan hilang. Hal ini merupakan respons yang sehat. Pada orang dengan IBD, peradangan saluran pencernaan dapat terjadi bahkan ketika tidak ada infeksi. Sebaliknya, sistem kekebalan menyerang sel-sel tubuh sendiri. Hal ini dikenal sebagai respons autoimun. IBD juga dapat terjadi ketika peradangan tidak hilang setelah infeksi sembuh. Peradangan dapat berlanjut selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Senyawa pro inflamasi (TNF) merupakan penyebab mengapa inflamasi dapat dengan mudah terjadi pada kasus IBD.

Apa Saja Faktor Resiko Atas Berkembangnya Penyakit Radang Usus?
Yayasan Crohn & Colitis of America (CCFA) memperkirakan bahwa 1,6 juta orang di Amerika Serikat memiliki IBD.
Faktor risiko terbesar penyakit Crohn dan kolitis ulserativa meliputi:

Merokok
Merokok adalah salah satu faktor risiko utama
terjangkitnya seseorang dengan penyakit Crohn.
Merokok juga memperburuk rasa sakit dan gejala lain
dari penyakit Crohn, serta meningkatkan risiko komplikasi. Namun, pada kasus kolitis ulserativa, kebanyakan penyakit ini  menyerang orang yang bukan perokok dan mantan perokok.

Etnis
IBD
 terjadi pada semua populasi. Namun, kelompok etnis tertentu seperti Kaukasia dan Yahudi Ashkenazi memiliki risiko lebih tinggi.

Usia
IBD dapat terjadi pada usia berapa pun tetapi kebanyakan kasus
dimulai sebelum usia 35 tahun.

Sejarah keluarga
Orang yang memiliki orang tua, saudara kandung, atau anak dengan IBD memiliki risiko yang jauh lebih tinggi untuk
terkena penyakit ini sendiri.

Wilayah
Geografis
Orang yang tinggal di daerah perkotaan dan negara industri memiliki risiko lebih tinggi untuk mendapatkan IBD.Mereka yang memiliki pekerjaan
white collar (kantoran) juga lebih mungkin mengembangkan penyakit ini. Hal ini sebagian dapat dijelaskan oleh pilihan gaya hidup dan diet.
Orang yang tinggal di negara industri cenderung makan lebih banyak lemak dan makanan olahan. IBD juga lebih umum di antara orang-orang yang tinggal di iklim utara, di mana sering
mengalami suhudingin.

Jenis kelamin
Secara umum, IBD mempengaruhi kedua jenis kelamin secara sama. Kolitis ulseratif lebih sering terjadi pada pria, sedangkan penyakit Crohn lebih sering terjadi pada wanita.

Apa
Saja Gejala Penyakit Radang Usus?
Gejala IBD bervariasi tergantung pada lokasi dan tingkat keparahan peradangan, tetapi mereka mungkin termasuk:
• diare, yang terjadi ketika bagian usus yang terkena tidak dapat menyerap kembali air
• borok pendarahan, yang dapat menyebabkan darah muncul di tinja (hematochezia)
• sakit perut, kram, dan kembung karena obstruksi usus
• penurunan berat badan dan anemia, yang dapat menyebabkan keterlambatan pertumbuhan atau perkembangan pada anak-anak
.

Orang-orang dengan penyakit Crohn mungkin juga mendapatkan sariawan di mulut mereka. Terkadang borok dan celah juga muncul di sekitar area genital atau anus.
IBD juga dapat dikaitkan dengan masalah di luar sistem pencernaan, seperti:
• peradangan mata
• gangguan kulit
• artritis

Apa saja kemungkinan komplikasi penyakit radang usus?
Kemungkinan komplikasi IBD meliputi:
• kekurangan gizi dengan hasil penurunan berat badan
• kanker usus besar
• fistula, atau borok yang menembus dinding usus, menciptakan lubang di antara berbagai bagian saluran pencernaan
• ruptur usus, atau perforasi
• sumbatan usus
Dalam kasus yang jarang terjadi, serangan IBD yang parah dapat membuat
anda syok. Hal ini bisa mengancam jiwa. Syok biasanya disebabkan oleh kehilangan darah selama episode diare berdarah yang lama dan mendadak

Pengobatan Dengan Madu Manuka
Madu Manuka telah lama dikenal memiliki kemampuan antibakteri dan anti inflamasi (peradangan). Senyawa meltilglioksal dan fitokimia dalam madu manuka berperan aktif membunuh bakteri dan berperan dalam menurunkan inflamasi dalam organ tubuh, termasuk saluran pencernaan. Penelitian yang dilakukan di Department of Pharmacology, Postgraduate Institute of Medical Education and Research, Chandigarh-160012, India, yang dimuat dalam jurnal  Phytother Res. 2008 Nov mengkuatkan fakta bahwa madu manuka efektif untuk membantu mengatasi kasus IBD.

Penelitian yang dilakukan adalah dengan mengevaluasi efek berbagai dosis madu Manuka pada penyakit radang usus yang diinduksi secara eksperimental pada tikus. Tikus Wistar dewasa dari kedua jenis kelamin digunakan dengan induksi  kolitis   melalui pemberian TNBS intrakolon tunggal yang dilarutkan dalam etanol 35%. Tikus (n = 30) dibagi menjadi lima kelompok (n = 6) dan diperlakukan dengan kendaraan (etanol), TNBS, madu Manuka (5 g / kg, po), madu Manuka (10 g / kg, po), dan tikus dengan pemberian  obat kimiawi untuk kasus IBD, sulfasalazine (360 mg / kg, po). Setelah medapat perlakuan,  berat badan tikus  selama 14 hari ditimbang. Setelah selesai menjalani perawatan, tikus-tikus tersebut dinilai skor morfologi, skor histologis dan parameter antioksidannya. Pemberian madu  pada dosis yang berbeda memberikan perlindungan terhadap kerusakan kolon yang diinduksi TNBS. Perlindungan yang signifikan ditunjukkan oleh perlakuan  madu Manuka 5 g / kg, dan  10 g / kg berat badan dibandingkan dengan kontrol (p <0,001).

Semua kelompok tikus yang diobati dengan madu manuka menunjukkan berkurangnya peradangan kolon dan terjadi penurunan semua parameter biokimia  secara signifikan dibandingkan dengan kontrol pada kelompok yang diobati dengan madu Manuka (p <0,001). Madu Manuka pada dosis yang berbeda mengurangi terjadinya peroksidasi lipid serta meningkatkan parameter antioksidan. Skor morfologis dan histologis secara signifikan berkurang pada kelompok yang diberi madu Manuka dosis rendah (p <0,001). Dalam model inflamasi kolitis, pemberian madu Manuka 5 g / kg oral dan madu Manuka 10 g / kg berat badan secara signifikan mengurangi peradangan kolon. Penelitian ini menunjukkan bahwa madu Manuka berkhasiat secara in vivo mengurangi resiko ulseratis kolitis pada tikus, sehingga hal ini memberikan peluang yang besar atas pengobatan medis secara klinis kasus ulseratif kolitis pada manusia menggunakan madu manuka.  

Jangan ragu untuk menggunakan madu manuka untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, dan mengurangi resiko radang usus atau IBD. 



SARAN UNTUK KONSUMEN
Pastikan anda hanya membeli madu manuka UMF®   berlisensi  dikarenakan setiap madu manuka yang tergabung dalam UMFHA dan telah memiliki lisensi UMF® telah diaudit mutu, keaslian dan kebenaran klaim labelnya oleh laboratorium independent pada saat produksi dan post market.
Setiap madu manuka 
UMF® yang dihasilkan harus melalului beberapa tes ulang mutu diantaranya adalah :
1. Metilglioksal sebagai antibakteri utama pada madu manuka, untuk mengetehui asal senyawa dan total jumlahnya
2. Dehidroxyacetone (DHA) sebagai prekursor metilglioksal alami pada madu manuka
3. Hidroxymetilfurfural (HMF) sebagai parameter kerusakan atau pemansan pada madu
4. Leptosperin Sebagai parameter Keaslian Madu Manuka
Madu Manuka Streamland merupakan salah satu  madu manuka UMF® berlisensi yang merupakan anggota UMFHA dengan nomor lisensi 2010. Madu Manuka Streamland  telah melalui program pengawasan mutu yang ketat pada saat produksi dengan nomor RMP (Risk Management Program)  SLP8. Produk Madu Manuka Streamland juga telah terdaftar di BPOM RI untuk memenuhi regulasi madu asli Indonesia sesuai SNI.

Konsumsi Hanya Madu Manuka UMF Streamland Dengan Label Resmi Indonesia Untuk Jaminan Keaslian, Keamanan, Mutu Optimal, dan Legalitas Produk!

Mengapa Madu Manuka UMF Streamland Pilihan Terbaik?

  • Bersertifikat UMF, mutu dan kandungan 3 senyawa bioaktifnya (metilglioksal, leptosperin, DHA)  diaudit Lab Independent  dibawah asosiasi UMFHA 👉Standar Jaminan Mutu dan Keaslian Madu Manuka Paling Tinggi  Untuk Khasiat Optimal Produk
  • Bersertifikat Halal FIANZ
  • Sertifikat BPOM RI👉Keamanan Produk Pangan Jadi
  • Dilengkapi Sertifikat NKV Kementrian  Pertanian RI 👉Jaminan Legalitas Produk, Bebas Kontaminasi, dan Menunjukkan Best Practice Penanganan dan Penyimpanan Produk
  • GE Free Yang Berarti Rekayasa Genetika
  • Menjadi Pilihan Utama Konsumen Untuk Madu Manuka Berkat Manfaat Nyata Produk Bagi Konsumen   
 

Untuk Informasi Dan Inquiry Produk, Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami Setiap Saat.

 





Keyword : madu manuka jakarta, madu manuka hipoglikemia, madu manuka untuk kesuburan, manfaat madu manuka untuk kesuburan, khasiat madu manuka untuk kesuburan, madu manuka kesuburan, madu manuka indonesia, madu manuka jabotabek, madu untuk kesuburan, madu kesuburan, jual madu manuka, beli madu manuka,  madu new zealand, madu selandia baru, madumanuka, madumanukakesuburan, madumanukaindonesia, madumanukajabotabek, maduuntuk kesuburan, madukesuburan, jualmadumanuka, belimadu manuka, madunewzealand, maduselandiabaru, madu terbaik, madu berkualitas,
Madumanuka, madu manuka, madu manuka Indonesia, madumanuka Indonesia, madumanukaindonesia,madu manuka di Indonesia, madu manuka Jakarta, madu manuka kesuburan, madumanukakesuburan, madu kesuburan, madu kesehatan, madu new Zealand, madu selandia baru, madu untuk kesuburan, madu untuk hamil, madu hamil, madu terbaik, madu radang tenggorokan, madu helicobacter pylori, madu manuka jabodetabek, manuka honey Indonesia, distributor madu manuka, distributor manuka honey Indonesia, distributor manuka honey Jakarta, madu infeksi, madu alami, madu organik, madu manuka  beli dimana, madu manuka jual, jual madu manuka, madu manuka jual dimana, harga madu manuka, harga manuka honey, jual madu manuka asli, jual madu manuka murah, jual madu manuka dimana, jual madu manuka jabotabek, jual madu manuka murni, madu murni, madu manuka murni,madu untuk infeksi, madu manuka untuk paru-paru cystic fibrosis, radang usus, IBD

No comments

Theme images by konradlew. Powered by Blogger.