Header Ads

Header ADS

Khasiat Madu Manuka Pada Kasus Maag, Gastritis Ulcer, dan Infeksi Helicobacter pylori





Maag, dan gastritis ulcer (tukak lambung) merupakan penyakit  yang banyak diderita masyarakat, utamanya mereka yang tinggal di perkotaan. Pada sebagian besar kasus, penyakit lambung kronis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri Helycobacter pylori.   Sebelum   kita memeriksa penyebab rasa sakit yang kita rasakan di perut kita melalui gastroskopi (gastroskopi adalah tes yang dapat secara akurat mendiagnosis ulkus lambung),  kita tentunya berharap  dapat mengobati penyakit ini dengan mengubah bagian dari diet kita ( menghilangkan beberapa dari makanan asam yang memberikan rasa sakit langsung atau mengasup beberapa suplemen) mengingat bahwa penyakit ini disebabkan oleh makanan  yang kita masukkan ke dalam perut kita. Hal ini tidaklah salah, dan banyak orang telah melakukan terapi ini dengan sukses. Hanya saja melakukan perawatan tersebut tentu memerlukan waktu lebih lama untuk sembuh dan penyakit  dapat kembali setelah periode waktu tertentu.

Apa
Saja Penyebab Tukak Lambung ?
Tukak lambung disebabkan kandungan asam yang berlebihan di bagian bawah ulkus. Lingkungan asam ini dapat disebabkan oleh makanan yang buruk (dengan adanya kekurangan gizi), merokok, stres, perawatan jangka panjang dengan obat antiinflamasi non-steroid (seperti Ibuprofen), atau adanya infeksi Helicobacter pylori, yang merupakan bakteri lambung umum yang dianggap menyebabkan lebih dari setengah dari tukak lambung di seluruh dunia dan yang telah terbukti  terlibat dalam menyebabkan kanker lambung. Meskipun lebih dari setengah populasi dunia memiliki infeksi H pylori, untuk alasan yang masih belum sepenuhnya dipahami,  kebanyakan tidak pernah menimbulkan luka.

Bagaimana
Tanda Sesorang Memiliki Penyakit Gastritis?
Satu-satunya tes yang bisa dilakukan adalah gastroskopi. Tes CLO (uji organisme menyerupai Campylobacter), alias uji RUT (Rapid urease test) adalah tes yang dilakukan pada saat gastroskopi. Tetapi kita juga dapat mengenali adanya masalah dalam lambung kita dengan merasakan beberapa gejala tertentu. Rasa sakit luar biasa yang kita rasakan di bagian atas perut, sebelum atau sesudah makan, kembung, kenyang, dan mual adalah gejala yang berhubungan dengan tukak lambung. Dalam kondisi parah, hal ini dapat menyebabkan komplikasi seperti perforasi dan pendarahan. Jika luka pada lambung mengikis pembuluh darah, maka akan terjadi perdarahan gastrointestinal, yang menyebabkan kehilangan sejumlah besar darah, yang secara tiba-tiba bisa mengancam nyawa.

Bagaimana Pengobatan Radang Lambung ?
Radang lambung tidak begitu sulit untuk diobati. Pertama-tama, penyakit ini dapat sembuh sendiri dengan syarat kita menerapkan gaya hidup yang sehat. Kedua, pengobatan konvensional memiliki pengobatan yang tepat untuk luka lambung, namun dengan beberapa efek samping. Satu-satunya masalah dengan pengobatan konvensional gastritis adalah  terkait dengan efek samping pengobatan, dan fakta bahwa maag dapat kembali kambuh setelah periode waktu tertentu.

Beberapa kelas obat yang tersedia untuk mengatasi masalah lambung, meliputi:
-          Antagonis reseptor Histamin-2 seperti simetidin dan ranitidin;
-          Inhibitor pompa proton seperti omeprazole dan esomeprazole;
-          Analog prostaglandin E seperti misoprostol

Namun seperti yang ditunjukkan oleh para ilmuwan, semua obat ini dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti mual, sakit kepala, irama jantung abnormal, dan myelosupresi.Ketika bakteri H pylori menyebabkan luka lambung, diperlukan 2-3 jenis  antibiotik yang berbeda untuk dapat menyembuhkan 80 hingga 90% luka. Namun, selama bertahun-tahun, H. pylori menjadi semakin kebal terhadap antibiotik. Belum lagi, masalah muncul karena pengobatan menggunakan antibiotik ini memerlukan waktu yang lama, biaya yang tinggi, serta efek samping antibiotik (hipersensitif, resistensi bakteri, dan kolitis terkait antibiotik). Oleh karena itu, Peralihan  ke pengobatan  alami sekali lagi sangat diperlukan.

Gastritis dapat muncul kembali sewaktu-waktu, dengan beberapa pemicu : stres, makanan buruk, alkohol, obat antiinflamasi non-steroid,  serta infeksi Helicobacter pylori. Itulah sebabnya adalah baik untuk mengetahui mana produk alami yang dapat mencegahnya, dan dapat membantu kita menyembuhkannya tanpa harus menggunakan obat-obatan kimia dan mengalami efek samping obat konvensional.

Penggunaan Madu Untuk Gastritis
Madu adalah baik untuk semua jenis luka dan masalah di lambung, bahkan juga bagus untuk luka kaki diabetik. Ulkus adalah luka terbuka, dan madu dapat membantu menyembuhkannya meskipun berada di kulit atau di dalam tubuh kita, utamanya di lapisan perut kita. Namun, madu adalah produk yang kontroversial dalam hal masalah maag. Beberapa orang tidak dapat mengasup  madu dengan perut kosong tanpa merasa muntah pada detik berikutnya. Untuk hal ini. sangat direkomendasikan bagi mereka untuk makan madu yang diencerkan dengan air, atau dengan sedikit roti. Namun, pertanyaannya tetap berlaku: apakah madu baik untuk perut  jika ada beberapa orang merasa seperti ini?

Madu Terbaik Untuk Gastritis
Madu Manuka dengan kandungan metilglioksal tinggi memiliki aktivitas anti-ulkus yang terbukti secara ilmiah, karena komponen antibakteri non-peroksida yang dimilikinya.
Madu non-manuka memiliki aktivitas anti-ulkus, karena aktivitas antioksidannya
. Tidak semua madu memiliki aktivitas anti-maag. Yang memiliki fungsi untuk maag  adalah madu  yang berwarna  gelap. Semakin gelap warna madu, semakin banyak antioksidan yang dimilikinya.
Madu Manuka telah membuktikan kekuatan antibiotik
nya yang kuat. Secara In vitro, madu manuka terbukti mampu membunuh bakteri H. pylori, walaupun terdapat uji klinis menggunakan madu manuka yang tidak berhasil memberantas bakteri pada konsentrasi MGO rendah. Meskipun demikian, madu manuka mampu menyembuhkan luka dan menghambat produksi urease, sehingga menciptakan lingkungan yang tidak menguntungkan bagi pertumbuhan bakteri, sehingga pada pemakaian jangka panjang, bakteri akan tereliminasi. Urease adalah enzim yang diproduksi oleh H pylori, yang dapat ditemukan di perut dan lambung. Bakteri H. pylori menghasilkan urease untuk memacu pemecahan urea, bahan kimia yang terdapat secara alami dalam tubuh, sehingga urea dapat melepaskan amonia dan membuat usus menjadi lingkungan di mana bakteri patogen dapat berkembang. Penelitian pada tahun 2017 oleh Rückriemen J et al. dari Institut Kimia Makanan, Technische Universität Dresden, Jerman menunjukkan bahwa madu Manuka (Leptospermum scoparium) menghambat aktivitas urease kacang nabati karena methylglyoxal (MGO) dan dihydroxyacetone (DHA) yang dimilikinya. Dalam penelitian ini, madu non-manuka, yang tidak memiliki MGO dan DHA, menunjukkan penghambatan urease yang jauh lebih sedikit.
Studi ini menegaskan manfaat positif dari mengkonsumsi madu manuka pada kasus tukak lambung, terutama jika ini disebabkan oleh infeksi Helicobacter Pylori. Penggunaan madu manuka, terutama pada tingkatan kandungan MGO yang rendah mungkin  tidak menunjukkan pemberantasan lengkap bakteri, akan tetapi melalui penipisan urease, yaitu senyawa yang menghambat   pertumbuhan bakteri. Hal ini bisa menjadi penjelasan ilmiah untuk saran Masyarakat Selandia Baru:
‘Untuk membantu mengatasi  maag, makan satu sendok madu manuka yang disebarkan di atas roti satu jam sebelum makan.

Nilai UMF Penting.
Sebuah uji klinis yang dilakukan oleh Dermot PB McGovern di Departemen Gastrointestinal, Rumah Sakit Royal Cornwall, Truro, Cornwall, Inggris, dan diterbitkan dalam Jurnal Royal Society of Medicine pada tahun 1999, menunjukkan bahwa madu manuka (setara 11,7% fenol) efektif terhadap dispepsia, meskipun tidak efektif dalam memberantas H. pylori.
Penelitian ini dilakukan pada 12 pasien dengan infeksi H. pylori aktif yang dikonfirmasi.
Sebanyak 6 pasien diobati dengan 1 sendok makan madu manuka 4 kali sehari selama 2 minggu,  6 pasien lainnya dirawat dengan madu dan omeprazole 20mg dua kali per hari selama 2 minggu yang sama. Setelah 4 minggu selesai periode pengobatan, tes napas urea 14C diulang dan menunjukkan bahwa semua 12 pasien tetap positif untuk H. pylori.
Sayangnya percobaan ini dilakukan dengan menggunakan madu manuka UMF 11
+ (setara 11,7% fenol) sementara percobaan in-vitro menggunakan UMF 13+ dan berhasil membunuh bakteri H. pylori. (Menurut Allen et al, 1991, UMF 10+, memiliki aktivitas antibakteri yang sama dengan larutan fenol 10%). Hal ini berarti bahwa pengobatan klinis terhadap infeksi H. pylori membutuhkan madu manuka dengan nilai UMF yang lebih tinggi.

Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa fraksi madu (reguler dan manuka) adalah inhibitor yang baik untuk urease H. pylori dan dapat berfungsi sebagai template dalam pengembangan inhibitor urease dalam obat-obatan.
Ekstrak kloroform madu menunjukkan aktivitas penghambatan 48 dan 42% terhadap urease dari H. pylori (369C) dan H. pylori (ATCC 43526), ​​masing-masing, sedangkan ekstrak dietil eter dari madu manuka menunjukkan 45 dan 51% aktivitas penghambatan terhadap urease dari H. pylori (369C) dan H. pylori (ATCC 43526),

Sebuah penelitian tahun 1994 menguji sensitivitas Helicobacter pylori terhadap madu, menggunakan isolat dari biopsi ulkus lambung. Ditemukan bahwa kelima isolat yang diuji, terbukti  sensitif terhadap 20% (v / v) larutan madu manuka dalam uji difusi sumur agar. Sedangkan larutan 40% madu reguler dengan aktivitas antibakteri hidrogen peroksida, tidak berpengaruh terhadap H pylori.

Sebuah studi tahun 2012 menguji kemampuan madu manuka, kecambah brokoli dan minyak omega-3 untuk membatasi peradangan terkait H. pylori.
Masing-masing bahan pangan tersebut secara signifikan melemahkan pelepasan penanda kimia inflamasi IL-8 oleh sel yang terinfeksi H. pylori. Minyak omega-3 dan madu manuka secara independen meningkatkan efek antiinflamasi dari kecambah brokoli yang kaya isothiocyanate.

Sebuah studi tahun 2016 meneliti mekanisme molekuler dimana madu alami dapat menghambat infeksi H. pylori dalam sel epitel lambung.
H. pylori menginduksi aktivitas pengikatan NF-κB dan AP-1 dalam sel epitel lambung. Madu Manuka menghambat NF-κB dan AP-1 yang diinduksi H. Pylori, yang dependent oleh waktu dan dosis. Penghambatan maksimum NF-κB dan AP-1 yang diinduksi H. pylori oleh madu manuka diamati pada konsentrasi 20% pada 1-2 jam.Pra-perawatan sel AGS dengan madu alami komersial lainnya juga menghambat H. pylori NF-κB yang diinduksi dan aktivitas pengikatan DNA AP-1.cTidak semua madu mampu memperbaiki kerusakan lambung. Hanya madu yang memiliki aktivitas anti-oksidan tinggi dan mengandung jenis flavonoid tertentu yang dapat digunakan untuk mengobati radang lambung secara efektif, termasuk madu manuka.

Produk alami lainnya yang membantu penyembuhan tukak lambung
adalah:ckecambah, brokoli, minyak omega-3, jahe, pisang raja, kunyit, chamomile, bawang putih, licorice, dan lidah buaya. Kombinasi bahan-bahan ini dengan madu manuka memiliki aksi yang lebih tinggi. Dan salah satu resep tradisional yang paling umum untuk mengatasi tukak lambung: 1 sendok makan madu dengan 1/4 sendok teh kayu manis dalam secangkir air hangat.
Untuk hasil terbaik, tentu madu manuka dengan UMF 15+ ke atas memberikan hasil lebih optimal.


SARAN UNTUK KONSUMEN

Pastikan anda hanya membeli madu manuka asli yang memiliki nomor lisensi UMFHA, dikarenakan setiap madu manuka yang tergabung dalam UMFHA dan telah memiliki lisensi UMF telah diaudit mutu, keaslian dan kebenaran klaim labelnya oleh laboratorium independent pada saat produksi dan post market. UMFHA menghabiskan banyak dana riset untuk rating system yang bertujuan memastikan bahwa madu manuka yang dihasilkan oleh setiap anggota asosiasi UMFHA adalah sesuai standar yang diterapkan pada saat produksi dan juga setelah produk tersebut sudah dijual di toko.  Keaslian, kemurnian, dan penanganan yang alami namun modern terhadap madu manuka Streamland menjadikan madu manuka Streamland dapat menjadi pilihan yang tepat untuk  membantu anda dalam mengatasi masalah lambung.
Madu manuka yang berlisensi UMF  membuat program kesuburan anda memiliki hasil yang lebih optimal. Mengapa?  Karena setiap madu manuka UMF yang dihasilkan memiliki jaminan mutu tertinggi dimana produk yang dihasilkan harus melalui beberapa tes ulang mutu diantaranya adalah :
  1. Metilglioksal sebagai antibakteri utama pada madu manuka, untuk mengetehui asal senyawa  dan total jumlahnya. 
  2.  Dehidroxyacetone (DHA) sebagai prekursor metilglioksal alami pada madu manuka
  3.  Hidroxymetilfurfural (HMF) sebagai parameter kerusakan atau pemansan pada madu
  4.  Leptosperin sebagai penanda kimia unik dari bunga manuka
Madu Manuka Streamland merupakan salah satu  madu manuka yang merupakan anggota UMFHA dengan nomor lisensi 2010, dan juga telah melalui program pengawasan mutu yang ketat pada saat produksi dengan nomor RMP (Risk Management Program) nomor SLP8. Produk Madu Manuka Streamland juga telah terdaftar di BPOM RI untuk memenuhi regulasi madu asli Indonesia sesuai
 SNI 01-3545-2004.
Konsumsi Hanya Madu Manuka UMF Streamland Label Indonesia Untuk Jaminan Mutu, Keaslian, Keamanan, dan Legalitas Produk.

Mengapa Madu Manuka UMF Streamland Pilihan Terbaik?

  • Bersertifikat UMF, mutu dan kandungan 3 senyawa bioaktifnya (metilglioksal, leptosperin, DHA)  diaudit Lab Independent  dibawah asosiasi UMFHA 👉Standar Jaminan Mutu dan Keaslian Madu Manuka Paling Tinggi  Untuk Khasiat Optimal Produk
  • Bersertifikat Halal FIANZ
  • Sertifikat BPOM RI👉Keamanan Produk Pangan Jadi
  • Dilengkapi Sertifikat NKV Kementrian  Pertanian RI 👉Jaminan Legalitas Produk, Bebas Kontaminasi, dan Menunjukkan Best Practice Penanganan dan Penyimpanan Produk
  • GE Free Yang Berarti Rekayasa Genetika
  • Menjadi Pilihan Utama Konsumen Untuk Madu Manuka Berkat Manfaat Nyata Produk Bagi Konsumen   
 

Untuk Informasi Dan Inquiry Produk, Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami Setiap Saat.

 







Baca Juga :

Label Resmi Madu Manuka UMF Streamland Indonesia





Keyword : madu manuka jakarta, madu manuka hipoglikemia, madu manuka untuk kesuburan, manfaat madu manuka untuk kesuburan, khasiat madu manuka untuk kesuburan, madu manuka kesuburan, madu manuka indonesia, madu manuka jabotabek, madu untuk kesuburan, madu kesuburan, jual madu manuka, beli madu manuka,  madu new zealand, madu selandia baru, madumanuka, madumanukakesuburan, madumanukaindonesia, madumanukajabotabek, maduuntuk kesuburan, madukesuburan, jualmadumanuka, belimadu manuka, madunewzealand, maduselandiabaru, madu terbaik, madu berkualitas,
Madumanuka, madu manuka, madu manuka Indonesia, madumanuka Indonesia, madumanukaindonesia,madu manuka di Indonesia, madu manuka Jakarta, madu manuka kesuburan, madumanukakesuburan, madu kesuburan, madu kesehatan, madu new Zealand, madu selandia baru, madu untuk kesuburan, madu untuk hamil, madu hamil, madu terbaik, madu radang tenggorokan, madu helicobacter pylori, madu manuka jabodetabek, manuka honey Indonesia, distributor madu manuka, distributor manuka honey Indonesia, distributor manuka honey Jakarta, madu infeksi, madu alami, madu organik, madu manuka  beli dimana, madu manuka jual, jual madu manuka, madu manuka jual dimana, harga madu manuka, harga manuka honey, jual madu manuka asli, jual madu manuka murah, jual madu manuka dimana, jual madu manuka jabotabek, jual madu manuka murni, madu murni, madu manuka murni,madu untuk infeksi, madu manuka untuk lambung, maag. gastritis ulcer



No comments

Theme images by konradlew. Powered by Blogger.